Tentang TM

Program Studi Teknik Mesin adalah salah satu program studi yang berada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado, dengan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin sebagai satuan manajemen sumberdayanya.

  • Ketua Program Studi : Dr. Eng. Zuldesmi, STm M.Eng, dan
  • Sekretaris Program Studi : David Mapaley, ST, M.Sc, M.Pd

Program studi Teknik Mesin dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya menekankan pada keyword yang meliputi Berkarakter, Inovativ, Unggul, dan Kompetitif. Berkarakter merupakan salah satu hal penting untuk membedakan mahasiswa dan lulusan teknik mesin UNIMA dengan yang lainnya.

Karakter yang dimaksud berkaitan dengan dasar hasil riset program studi teknik mesin UNIMA yang tepat guna dan didasarkan pada potensi lokal. Beberapa potensi lokal yang ada di Sulawesi Utara yang menjadi objek penelitian diantaranya; kelapa, cengkeh, jagung, sayur-sayuran, pala, dan aren. Penjelasan secara lengkap untuk meraih karakter yang dimaksud dijelaskan pada misi, tujuan dan sasaran.

Nilai inovatif yang dimaksudkan didalam visi tersebut berkaitan dengan penelitian dan pengabdian. Penelitian dan pengabdian yang dilakukan bukan merupakan plagiat, dan merupakan buah pikiran dari dosen dan mahasiswa.

Dalam mewujudkan nilai inovatif juga, seluruh dosen teknik mesin telah membagi bidang keilmuan teknik mesin kedalam tiga divisi diantaranya; 1) Produksi di koordinir oleh Ir. Jenly Manongko, M.Eng , 2) Energi Terbarukan dikoordinir oleh Jemmy Kewas, ST., M.T, dan 3) material di koordinir oleh Dr. Zuldesmi. Dari tiga konsentrasi tersebut, bidang produksi terbagi dalam dua sub-divisi lagi yaitu 1) Mekatronika dan Robotika di koordinir oleh Dr. Herdy Liow, dan 2) Teknologi Tepat Guna khususnya dibidang ALSINTAN (Alat dan Mesin Pertanian). Untuk Bidang Material, terdapat satu sub-divisi yaitu Konstruksi Mesin yang di koordinir oleh Drs. Yohanis Rampo, MT.